Apa Itu Black Hole dan Bagaimana ProsesNya???

Assalamualaikum.
Dikali ini kita akan membahas seputar dunia,langsung saja!!



Apa Itu Black Hole Sebenarnya?


Apa Black Hole itu Sebenernya?
Setiap malamnya, kita melihat langit yang penuh bintang. Tapi tahukah anda, ada objek misterius di balik langit tersebut. Perkenalkan, Black Hole, obyek yang berada di seluruh alam semesta tapi masih misterius sampai sekarang. Terlalu misteriusnya hingga masih banyak yang bertanya. Apa Black Hole itu sebenarnya ?
Apa itu Black Hole?
Black Hole, secara teknis adalah sebuah ruang di angkasa yang memiliki gravitasi yang sangat sangat sangat sangat sangat kuat
Black Hole terdiri atas bagian yang disebut Singularity, dan bagian yang disebut Event Horizon. Bagian Singularity ini masih sangat misterius dan tidak diketahui apa isinya. Sedangkan Event Horizon adalah wilayah yang memiliki gaya gravitasi sangat kuat.
Bahkan semua objek di alam semesta ini tak ada yang bisa kabur dari hisapannya, termasuk cahaya, objek paling tercepat di alam semesta kita. Karena tidak ada cahaya di sekitarnya, akibatnya Black Hole tidak dapat terlihat
Namanya kan Lubang hitam
Nah, memang tidak terlihat, bagaimana kita tahu Black Hole itu ada?
Kita bisa mengetahuinya dengan melihat efek dari gravitasi black hole terhadap objek di sekitarnya. Karena gaya gravitasinya yang tinggi, Black hole mampu menyimpangkan cahaya, membuat kita dapat mendeteksinya
Selain itu, Black Hole juga dapat dideteksi dengan mengamati orbit objek luar angkasa, yang seringkali memiliki orbit yang aneh karena ternyata terpengaruh oleh gravitasi Black Hole di dekatnya.
Nah, Bagaimana jika sampai terhisap ke Black hole?
Lalu, apa yang terjadi jika kita masuk dalam Black Hole ? Pendeknya, kita akan mengalami sebuah fenomena, yang disebut oleh para peneliti sebagai “Spaghettification,” Yang dimana molekul tubuh kita akan hancur lebur dan bersatu dengan singularity
Terus gimana proses terbentuknya ?

Black hole itu terbentuk dari bintang berukuran besar yang telah kehabisan dalam tanda kutip “bahan bakar”-nya .Coba anda bayangkan bintang yang sangat sangat sangat sangat besar, yang besarnya 20 kali lipat dari matahari kita atau lebih, kehabisan bahan bakarnya. Lama kelamaan, bintang mati ini akan runtuh pada gravitasinya sendiri. Menjadi satu titik yang dinamakan sebagai “singularity”. Dan kemudian terbentuk lah Black Hole.
wah keren! tapi mungkin ga si matahari kita jadi black hole?
Ini Fakta uniknya! secara matematis, segala hal di dunia ini, dapat menjadi Black Hole. Termasuk kita. Ya, kita bisa jadi Black Hole! Ha? kok bisa? Dengan memadatkan diri kita, dengan asumsi massa tubuh kita adalah 70 kilogram, menjadi 1 yoctometer (ayo ini berapa kecil gan?), yang pastinya sangat sangat sangat sangat kecil, kita telah menjadi Black Hole.
Begitu juga jika kita memadatkan bumi kita, jadi kira-kira sebesar kacang, ia juga akan menjadi Black Hole. Tapi jangan khawatir, secara alami, kita tidak mungkin jadi Black Hole, karena massa kita yang terlalu kecil.
fakta uniknya lagi, matahari kita sendiri, tak punya massa yang cukup, untuk menjadi Black Hole!
Akhirnya terjawab!

Baik lah hanya artikel dan pengetahuan ini yang bisa saya sampaikan untuk teman-teman sekalian,semoga bermanfaat

Walaikumsalam.wr.wb

0 Comments

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon