Negara - Negara Yang Terlibat Dalam Pakta Warsawa

Assalamualaikum wr.wb

Pakta warsawa adalah sebuah group atau aliansi militer negara yang berada di Blok-Blok timu eropa yang bertujuan melawan ancaman dari organisasi NATO yang sudah dibentuk sejak 1949.


Dibentuknya Pakta warsawa disebabkan oleh integrasi negara Jerman barat kedalam organisasi NATO disebabkan ratifikasi perjanjian PARIS.Pakta ini dirancang oleh seorang yang bernama Nikita Krushchev pada tahun 1955 dan ditanda tangani pada 19 Mei 1955 di Kota Warsawa dan Pakta ini berakhir pada 31 Maret 1991 dan diakhiri seecara resmi di Praha pada tanggal 1 Juli 1991.

Baiklah kita akan bahas apa saja yang ada dibalik Pakta warsawa :

1. Strategi Pakta Warsawa

Keinginan Uni Soviet untuk mepertahankan pengaruhnya disebagian besar Eropa didasarkan oleh berbagai alasan antara lain Ideologis dan Geostrategis.
Secara ideologis mereka bisa menggunakan hak untuk mendefiniskann sosialisme dan komunnisme serta sekaligus berkeinginan menjadi pemimpin pergerakan sosialis di dunia,Tetapi konsekuensinya Uni Soviet berhak melakukan tindakan bbagi negara-negara sosialis maupun komunis yang secara langsung bertentangan dengan prinsip-prinsip doktrin Brezhnev.


Secara Geostrategis,Uni soviet berkeinginan mempertahankan sebagian besar Eropa timur dan Eropa tengah dari insvansi Eropa barat seperti pada pemerintahan Nazi pada tahun 1941,Invansi yang di komandani langsung oleh Adolf Hitler sangat brutal sehinggga menyebabkan Uni soviet mengalami kerugian di semua Bidang.

2. Runtuhnya Pakta warsawa

Runtuhnya Pakta warsawa disebabkan oleh berbagai hal, Diantaranya:

  • Berkuasanya pemimpin komunnis dinegara-negara anggota Uni Soviet.
  • Dukungan rakyat terhadap sistem komunisme sngat kecil.
  • Negara-Negara anggota Pakta warsawa takut akan terjadi serangan dari Negara Uni soviet Itu sendiri.
  • Moskwa meningalkan Pakta warsawa karna terjadi kesulitan ekonomi karna tidak mampu menangung beban pengeluaran militer yang sangat banyak dan berlebihan.
  • Runtuhnya tembok Berlin 1989.
  • Tersingkirnya partai Komunis Cekoslovakia.
  • Jatuhnya pemimpin komunis Bulgaria Todor Zhivkov.
  • Lemahnya Koordinnasi antara negara-negara Komunis.
  • Republik yang membentuk Uni soviet menuntut memisahkan diri sehingga menyebbabkan terjadinya permusuhan.
Salah Satu unjuk gigi operasi militer anggota pakta warsawa adalah saat negara kecuali Albania dan Romania melakukan invansi ke Negara Cekoslovakia pada agustus 1968. Operasi yang diberi nama Doube diikuti oleh tentara yang berjulah 250.000 anggota tentara yang menyebabkan 108 warga sipil tewas dan 500 luka-luka.

Negara-Negara Anggota Pakta warsawa :

  1. Uni Soviet
  2. Republik Rakyat Bulgaria
  3. Republik Sosialis Cekoslovakia
  4. Republik Jerman Timur
  5. Hunggaria
  6. Polandia
  7. Rumania
  8. Albania

Wassalamualaikum wr.wb

2 Comments

This comment has been removed by a blog administrator.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon